Selasa, 08 Maret 2011

Nurdin Halid secara tegas ditolak FIFA




Jakarta - FIFA akhirnya mengeluarkan keputusan tegas terhadap PSSI dan Nurdin Halid. Menurut Dubes RI di Swiss, Djoko Susilo, FIFA sudah melarang Nurdin untuk mencalonkan diri lagi.

Dalam wawancara langsungnya dengan Metro TV, Djoko menekankan bahwa keputusan tersebut sudah disampaikan langsung oleh Presiden FIFA Sepp Blatter. Dalam pernyataannya, Blatter mengatakan bahwa PSSI harus menegakkan aturan FIFA.

Sesuai statuta FIFA, seseorang yang pernah berurusan dengan hukum tidak bisa mencalonkan diri atau duduk sebagai Ketua Umum sebuah federasi. Dalam hal ini, Nurdin sudah pernah dua kali berurusan dengan hukum akibat kasus korupsi.

"FIFA akan mengirim utusan pada kongres PSSI nanti untuk memastikan semuanya berjalan dengan aturan," tegas Joko dalam wawancaranya itu.

Djoko juga mengatakan bahwa FIFA meminta supaya segala urusan dalam negeri mengenai sepakbola Indonesia supaya diselesaikan oleh para stakeholder dengan tertib dan cermat.

Sejauh ini, PSSI telah menunda penyelenggaraan konggres pemilihan Ketua Umum setelah keempat calon, Nurdin, Nirwan Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro semuanya ditolak oleh Komite Banding

FIFA juga menolak pencalonan keempat kadindat tersebut.

"FIFA mengatakan bahwa keempat kandidat itu tidak elit lagi untuk dicalonkan kembali. Menurut presiden Blatter seperti itu."

Selain itu, seperti yang sudah-sudah, FIFA meminta supaya kongres panita untuk pemilihan segera dibentuk sehingga bulan depan sudah ada pengurus yang baru.

"Tanggal 26 sudah harus melakukan kongres untuk panitia pemilihan dan sebelum April sudah harus ada pengurus baru," demikian dia.


Sumber : gbrzone

Tidak ada komentar: